jurnal telaah biologi smp pertemuan ke 3
A.
IDENTITAS
Nama
: Nida Shofiyah Ramadhani
Npm
: 15320047
Prodi
: Pendidikan Biologi B
Semester
: 3
Mata
Kuliah : Telaah Biologi SMP
Dosen
Pengampu :
Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan
Ke- :
3
JURNAL TELAAH BIOLOGI
SMP
B.
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrohmannirrohim,
Assalamuallaikum,
wr.wb.
Puji syukur kehadirat Alloh SWT, berkat rahmat dan
karunia-Nya, kepada saya sehingga saya
dapat menyelesaikan jurnal “Telaah Biologi SMP”yang dibuat untuk
memenuhi tugas matakuliah Telaah Biologi SMP yang diampu Bapak Agil Lepiyanto,
M. Pd. Jurnal ini berisi penjelasan tentang keanekaragaman hayati.
Saya
menyadari bahwa jurnal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu
kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan jurnal ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua
pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan jurnal ini dari awal sampai
akhir. Semoga jurnal ini mampu menambah ilmu bagi pembaca.
Waalaikumsallam,
wr.wb.
C.
SUBSTANSI
KAJIAN
1. Pengertian
Keanekaragaman Makhluk Hidup Biodiversitas
2. Tingkatan
Keanekaragaman Makhluk Hidup
3. Terjadinya
Keanekaragaman Makhluk Hidup
4. Terbentuknya
Keanekaragaman Makhluk Hidup
5. Tindakan
Manusia yang Menyebabkan Menurunya Keanekaragaman Makhluk Hidup
6. Manfaat Keanekaragaman Makhluk Hidup
7. Dampak
Buruk Dari Menurunya Keanekaragaman Makhluk Hidup
8. Upaya
Manusia yang Melestarikan dan Meningkatkan Keanekaragaman Makhluk Hidup
9. Upaya
Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup
D.
REVIEW
PEMBELAJARAN
1. Pengertian
Keanekaragaman Makhluk Hidup Biodiversitas
Keanekaragaman
Makhluk Hidup Biodiversitas adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan
keseluruhan variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah. Keanekaragaman
hayati melingkupi berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah,
dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen,
tingkatan spesies, maupun tingkatan ekosistem. Gampangnya, keanekaragaman
hayati adalah semua jenis perbedaan antar mahkluk hidup.
2. Tingkatan
Keanekaragaman Makhluk Hidup
a) Keanekaragaman
Makhluk Hidup Tingkat Gen
Gen atau plasma nuftah
adalah substansi kimia yang menentukan sifat keturunan yang terdapat di dalam kromosom. Setiap individu
mempunyai kromosom yang membawa sifat menurun (gen) dan terdapat di dalam inti
sel. Perbedaan jumlah dan susunan faktor menurun tersebut akan menyebabkan
terjadinya keanekaragaman gen. Jadi, keanekaragaman gen
adalah segala perbedaan yang ditemui pada makhluk
hidup dalam satu spesies. Contoh keanekaragaman tingkat gen ini
misalnya, tanaman bunga mawar putih dengan bunga mawar merah yang memiliki
perbedaan, yaitu berbeda dari segi warna. Atau perbedaan apa pun yang ditemui
pada sesama ayam petelor dalam satu kandang.
b) Keanekaragaman
Makhluk Hidup Tingkat Jenis
Keanekaragaman jenis adalah segala perbedaan yang ditemui pada makhluk hidup antar jenis atau antar spesies. Perbedaan antar spesies organisme dalam satu keluarga lebih mencolok sehingga lebih mudah diamati daripada perbedaan antar individu dalam satu spesies (keanekaragaman gen).
c) Keanekaragaman
Makhluk Hidup Tingkat Ekosistem
3. Terjadinya
Keanekaragaman Makhluk Hidup
Keanekaragaman terjadi
karena, dipengaruhi oleh adanya faktor genetik dan faktor lingkungan.
Keanekaragaman makhluk hidup dapat terbentuk juga karena, berlangsungnya
perkawinan dan kondisi lingkungan.
4. Tindakan
Manusia yang Menyebabkan Menurunnya Keanekaragaman Makhluk Hidup
Aktifitas
manusia dapat menurunkan keanekaragaman hayati. Hingga saat ini, berbagai jenis
tumbuhan dan hewan terancam punah dan beberapa di antaranya telah punah.
a) Perusakan
Habitat
b) Masuknya
Jenis Tumbuhan dan Hewan Liar
c) Penebangan
d) Seleksi
e) Penggunaan
pestisida
f) Pencemaran
g) Perubahan
tipe tumbuhan
5. Manfaat
Keanekaragaman Makhluk Hidup
a. Sumber
obat dan kosmetik
Memanfaat
kan bahan yang dihasilkan alam untuk dikonsumsi sebagai sumber obat dan
kosmetik. Contohnya masyarakat Sumbawa mengenal akar salban, akar sawak, akar
kesumang, batang malang, dan kayu sengketan sebagai ramuan minyak urut.
b. Sumber
pangan, papan, dan sandang
Memanfaatkan
hasil alam seperti kayu yang dijadikan bahan bangunan, kertas dan lain-lain.
c. Lahan
Penelitian dan Pengembangan Ilmu
Suaka marga
satwa dan cagar alam dapat digunakan sebagai tempat pendidikan dan penelitian,
karna dari tempat tersebut kita dapat mengetahui berbagai informasi atau
pengetahuan mengenai aneka ragam flora dan fauna.
d. Sumber
Plasma Nutfah
Plasma nutfah
sendiri memiliki arti sifat unggul pada hewan, tumbuhan, mikroba yang bersumber
dari hutan. Akan tetapi dari sumber hewan, tumbuhan dan mikroorganisme tersebut
ada yang belum diketahui fungsinya sebaiknya kita jangan memusnahkan terlebih
dahulu karna mungkin saja didalamnnya terkandung suatu zat yang berperan
penting bagi kehidupan.
6. Dampak
Buruk Dari Menurunnya Keanekaragaman Makhluk Hidup
Salah
satu contohnya adalah pada bidang pendidikan, para pelajar saat ini tidak dapat
melihat secara langsung berbagai jenis makhluk hidup di dunia ini, mereka
hanya dapat membayangkan dan melihat gambar-gambar nya saja. Hal ini terjadi
akibat semakin banyaknya hewan dan tumbuhan di dunia yang
hampir punah.
7.
Upaya Manusia yang
Melestarikan dan Meningkatkan Keanekaragaman Makhluk Hidup
a) Penghijauan
b) Pembuatan
taman kota
c) Pemuliaan
d) Pengembangbiakan
e) Memelihara
kelestarian hutan
f) Menetapkan
daerah perlindungan alam
g) Hutan
suaka alam
h) Taman
nasional
i)
Taman hutan raya
8. Upaya
Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup
a)
Pembuatan Taman Nasional
b)
Pembuatan Cagar Alam
c)
Penetapan hutan lindung
d)
Pembuatan Kebun Raya
Kesimpulan
Keanekaragaman
makhluk hidup (biodiversitas) yang menunjukan keseluruhan variasi gen, jenis,
dan emkosistem pada suatu daerah, merupakan dasar kehidupan yang ada di bumi.
Terbentuknya keanekaragaman makhluk hidup di pengaruhi faktor genetik dan
lingkungan. Terdapat interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan
dalam mempengaruhi sifat makhluk hidup. Kegiatan manusia dapat menurunkan
keanekaragaman makhluk hidup. Namun disamping itu, kegiatan manusia juga dapat
menjaga kestabilan keberadaan keanekaragaman makhluk hidup.
E.
KESIMPULAN
Dapat
disimpulkan bahwa pada hakikat IPA merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala
alam yang berupa fakta, konsep, prinsip dan hukum yang teruji kebenarannya dan
melalui suatu rangkaian kegiatan dalam metode ilmiah, kemudian telaah biologi
SMP merupakan bagaimana cara kita mampu menelaah materi pelajaran biologi SMP
dan telah kita ketahui bahwa nantinya akan mengajar biologi dijenjang SMA
setelah lulus nanti. Sedangkan dalam ruang lingkup mata pelajaran IPA biologi
SMP memiliki unsur berupa produk, proses, aplikasi dan sikap.
0 Response to "jurnal telaah biologi smp pertemuan ke 3"
Posting Komentar